Nama :Maya Astikasari
Npm :13141089
Kelas :7C
Model Pembelajaran Lingkaran dalam dan Luar
Inside-outside circle (IOC)
A. Pengertian
Teknik mengajar
lingkaran besar dan lingkaran kecil (inside – outside – circle) dikembangkan
oleh Spencer Kagan untuk memberikan kesempatan pada siswa agar saling berbagi
informasi pada saat yang bersamaan.
Bahan pelajaran yang
paling cocok digunakan dengan teknik ini adalah bahan yang membutuhkan
pertukaran pikiran dan informasi antar siswa. Salah satu keunggulan teknik ini
adalah adanya struktur yang jelas yang memungkinkan siswa untuk berbagi dengan
pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur. Selain itu siswa bekerja
dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan
untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.
Sintaknya adalah
separuh dari jumlah siswa membentuk
lingkaran kecil menghadap keluar,
separuhnya lagi membentuk lingkaran besar menghadap ke dalam, siswa yang
berhadapan berbagi informasi secara bersamaan, siswa yang berada di lingkran
luar berputar kemudian berbagi informasi kepada teman (baru) di depannya, dan
seterusnya.
Menurut (Anita Lie,
2008:65), teknik pembelajaran IOC adalah teknik pembelajaran yang dikembangkan
oleh Spencer Kagan untuk memberikan kesempatan pada siswa agar saling berbagi
informasi pada saat yang bersamaan. Pendekatan ini bisa digunakan dalam
beberapa mata pelajaran, seperti: ilmu pengetahuan sosial, agama, matematika,
dan bahasa. Bahan pelajaran yang paling cocok digunakan dengan teknik IOC ini
adalah bahan yang membutuhkan pertukaran pikiran dan informasi antar siswa.
Keunggulan dari teknik
pembelajaran IOC adalah adanya struktur yang jelas dan memungkinkan siswa untuk
berbagi dengan pasangan
yang berbeda dengan singkat dan
teratur. Selain itu, siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana
gotong-royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi
dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Teknik IOC ini
bisa digunakan untuk semua tingkat usia anak didik.
B.
Langkah-langkah
Model Pembelajaran IOC
Menurut Spencer
Kagan, ada lima
langkah utama dalam penerapan Model IOC ini, yaitu:
1.
Separuh kelas berdiri membentuk
lingkaran kecil dan menghadap keluar.
2.
Separuh kelas lainnya membentuk
lingkaran di luar lingkaran pertama dan menghadap ke dalam.
3.
Kemudian dua siswa yang berpasangan dari
lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa
dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.
Siswa yang berada di lingkaran kecil diam
di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau
dua langkah searah jarum jam, sehingga masing-masing siswa mendapatkan pasangan
baru.
5.
Giliran siswa yang berada di lingkaran
besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya.
Anita Lie mengembangkan
langkah-langkah yang dirumuskan Kagan. Dalam pengembangan (Anita Lie, 2008:66),
siswa dalam kelas dibagi menjadi dua lingkaran, yaitu lingkaran individu dan
lingkaran kelompok. Penjelasannya sebagai berikut :
a. Lingkaran
Individu
Separuh kelas (atau
seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak) berdiri membentuk
lingkaran kecil. Mereka berdiri melingkar dan menghadap keluar.
Separuh kelas lainnya membentuk
lingkaran di luar lingkaran yang pertama. Dengan kata lain, mereka berdiri menghadap
ke dalam dan berpasangan dengan siswa yang berada di lingkaran dalam.
Dua siswa yang
berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar berbagi informasi. Siswa
yang berada di lingkaran kecil yang memulai. Pertukaran informasi ini bisa
dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
Kemudian, siswa yang
berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di
lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah perputaran jarum jam.
Dengan cara ini, masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru untuk berbagi
informasi.
Sekarang giliran siswa yang berada di
lingkaran besar yang membagikan informasi. Demikian seterusnya.
a.
Lingkaran Kelompok
Satu kelompok berdiri
di lingkaran kecil menghadap keluar.
Kelompok yang lain berdiri di lingkaran besar.
Kelompok berputar
seperti prosedur lingkaran individu yang dijelaskan di atas dan saling berbagi.
C.
Kelebihan
dan Kekurangan Model Pembelajaran IOC
Kelebihan penggunaan
Model IOC ini adalah, siswa akan mudah mendapatkan informasi yang berbeda-beda
dan beragam dalam waktu bersamaan.
Sedangkan kekurangan
penerapan Model IOC adalah membutuhkan ruang kelas yang besar, terlalu lama
sehingga tidak konsentrasi dan disalah gunakan untuk bergurau, dan rumit untuk
dilakukan.
DAFTAR PUSTAKA
Isjoni, 2010.
cooperative Learning, Bandung: Alfabeta
Kimberly Fujioka,
“The Talking Stick: An American Indian Tradition in the ESL Classroom”, dalam
The Internet TESL Journal Vol. IV No. 9, http://iteslj.org/, diakses 10 Maret
2015.
Suprijono, Agus. 2009.
Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
nice, mampir juga ke blog saya ya kak di http://forummahasiswarantau.blogspot.com/
BalasHapus